Redaksi

Terverifikasi Dewan Pers

PT. CAHAYA SEJAHTERA MERDEKA
Kantor Redaksi :
Jl. R.H. Fisabilillah gg. Sidomulyo I, Telp/Fax. : 0771 – 4444220
HP/Whatsapp: : +6285835603599 /+6281270777999
E-mail Redaksi :
pt.cahayasejahteramerdeka@gmail.com
abdullahmustafa194@gmail.com

Kota Tanjungpinang – Provinsi Kepulauan Riau


NPWP 
71.320.195.2-214.000


NOTARIS
Muslim, SH


KEPUTUSAN KEMENTERIAN HUKUM & HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA
AHU / 0000520.AH.01.11.TAHUN 2015
Tanggal 06 Januari 2015
AHU -0027349.AH.01.O2. TAHUN 2018
Tanggal 28 November 2018


REKENING PERUSAHAAN
Bank RIAU No. Rek 103 – 08 – 02376
a/n PT. CAHAYA SEJAHTERA MERDEKA


DEWAN PEMBINA
Juramadi Esram, SH.MH.MSi


PENDIRI
Abdullah Mustafa
Guntur Riahma, SH.MH


PENASEHAT HUKUM
Agus Riawantoro,SH & Associates


PEMIMPIN UMUM
Abdullah Mustafa


PEMIMPIN PERUSAHAAN
H a r i s

ADMINISTRASI
Mora Enjelina Siregar


PEMIMPIN REDAKSI  DAN PENANGGUNGJAWAB
Panjuli Arianto Pandiangan
(Wartawan Utama)
Nomor : 15177-LPDS/WU/DP/XII/2018/17/07/77


REDAKTUR PELAKSANA
Almi Fitri
(Wartawan Utama)
Nomor : 11533-PWI/WU/DP/V/2017/10/07/77


KOORDINATOR LIPUTAN
Abdullah Mustafa
(Wartawan Madya)
Nomor : 15183-LPDS/MADYA/DP/XII/2018/16/04/61


DESAIN & EDITOR
Rahmat


WARTAWAN REGALIANEWS

PROVINSI KEPULAUAN RIAU
Amri Suhardi

TANJUNGPINANG
Irfan Maulana, S.Sos
Dodi Iriawan, S.Sos

LINGGA
Juriana Mustika Dewi

BINTAN
Siswoyo

Karimun
Henry Aris Bawole

Natuna

Hawasi


Batam

Anambas

WEB ADMIN
Haris


SOP Perlindungan  Wartawan Regalianews.com

Wartawan Regalia News dalam Bertugas, Dibekali Tanda Pengenal, Surat Tugas dan Namanya Tercantum di Susunan Redaksi. Menerima segera segala bentuk dan cara mengatasi hukum yang mengatasnamakan “Wartawan Regalia News” Agar dapat ditindaklanjuti dengan tegas oleh Aparat Hukum

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB, Keberadaan Media Cyber di Indonesia juga merupakan bagian dari Kemerdekaan berpendapat, Kemerdekaan Berekspresi, dan Kemerdekaan Pers.

Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers pasal 4 di dalam ayat 1 disebutkan bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara, ayat kedua bahwa terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran, ayat ketiga bahwa untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi dan ayat keempat bahwa dalam mempertanggungjawabkan pemberitaan di depan hukum,

Wartawan mempunyai Hak Tolak bahkan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 disebutkan antara lain dalam pasal 28F bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Kode etik Wartawan Regalianews dalam menjalankan tugas sebagai  jurnalistik harus dimiliki oleh Wartawan Regalianews, wartawan yang bertugas mencari berita untuk disajikan kepada pembaca atau pendengar,agar tidak menimbulkan kerugian pada pihak tertentu, maka Pemimpin Redaksi / Penanggung Jawab Media Online regalianews.com bertanggung-jawab terhadap berita yang disajikan oleh Wartawannya yang meliput berita,sehingga berita yang dipublikasikan merupakan berita yang memenuhi kebutuhan pembaca dan dapat mengedukasi, bukan berita yang sengaja dibuat untuk kepentingan kelompok tertentu,atau berita mengada –ngada.

Maka dari itulah, kami dari redaksi wajib untuk memastikan bahwa tugas yang dilakukan oleh wartawan kami dengan cara yang benar, wartawan dibatasi oleh Undang-undang Pers No 40 tahun 1999. selain itu,harus pernah ikut UKW dan menjadi Wartawan yang berkompeten dan Berdedikasi serta disiplin rapi dalam menjalankan tugas sebagai Jurnalistik, menjadi prinsip seorang wartawan, berikut  kode etik Regalianews .com dalam jurnalistik , diantaranya :

  1. Perlindungan sebagai wartawan sudah diatur dalam standar, ini adalah perlindungan hukum untuk wartawan Regalianews  yang menaati kode etik Jurnalistik dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya memenuhi hak masyarakat memperoleh informasi.
  2. Dalam melaksanakan tugas jurnalistik ,wartawan Regalianews  memperoleh pelindungan hukum dari Negara,masyarakat ,dan perusahaan pers tentunya,tugas Jurnalistik meliputi, mencari, memperoleh, memiliki,menyimpan,mengolah,dan menyampaikan informasi melalui media masa.
  3. Dalam menjalankan tugas jurnalistik,wartawan Regalianews dilindungi dari tindak kekerasan, pengambilan, penyitaan dan atau perampasan alat –alat kerja,serta tidak boleh dihambat atau diintimidasi oleh pihak manapun.
  4. Karya jurnalistik wartawan Regalianews dilindungi dari segala bentuk penyensoran.
  5. Wartawan Regalianews yang ditugaskan khusus di wilayah berbahaya dan atau konplik wajib dilengkapi surat penugasan,peralatan keselamatan yang memenuhi syarat, asuransi, serta pengetahuan, ketram pilan dari perusahaan pers yang berkaitan dengan kepentingan penugasannya.
  6. Dalam penugasan jurnalistik di wilayah konflik bersenjata,wartawan – Wartawan  Regalianews   yang telah menunjukkan identitasnya sebagai wartawan dan tidak mengguna kan identitas pihak yang bertikai, wajib diperlakukan sebagai pihak yang netral dan diberikan perlindungan hukum sehingga dilarang diintimidasi,disandera,disiksa,dianiaya,apalagi dibunuh.
  7. Dalam perkara yang menyangkut karya jurnalistik,perusahaan pers Regalianews.Com  diwakili oleh penanggung jawabnya.
  8. Dalam kesaksian perkara yang menyangkut karya jurnalistik penanggungjawabnya hanya dapat ditanya mengenai berita yang telah dipublikasikan,wartawan regalianews dapat mengguna kan hak tolak untuk melindungi sumber informasi.
  9. Pemilik atau manajemen perusahaan pers dilarang memaksa wartawan Regalianews  untuk membuat berita yang melanggar kode etik jurnalistik dan atau melanggar hukum yang berlaku.
  10. Wartawan regalianews harus bersikap dan tanpa sengaja melakukan kesalahan akan berita yang dibuat., namun sebagai gantinya ia juga harus bersedia mengakui kesalahan dan mau mengoreksi di hadapan publik. sehingga, berita dapat diluruskan dan nama baik pihak yang dirugikan dapat dipulihkan.
  11. Menghargai perbedaan dan keberagaman,Wartawan regalianews tidak dibenarkan menulis berita yang akan memancing atau mendatangkan kemarahan bagi public sehingga terjadi kerugian pada Negara dan terkesan membesar besarkan sesuatu berita yang hanya merugikan masyarakat,tujuan dari pemberitaan media untuk mendapatkan respon dan pendidikan, memberikan berita yang positif kepada masyarakat bukan hanya mencari perhatian dengan cara memberikan berita yang sensitive.sehingga memancing emosi publik.
  12. Bukan hanya berita factual atau actual yang perlu disampaikan , wartawan regalianews harus bersikap bijaksana dalam mengolah maupun mempublikasikan berita yang dibuat, apabila berita tersebut menyangkut pihak-pihak tertentu, ia perlu memikirkan apakah berita tersebut akan merugikan pihak lain atau tidak, apabila berita tersebut dipublikasikan kepada khalayak ramai atau berita tersebut mengganggu kehidupan dan masa depan orang yang diberitakan,watawan harus mengambil sikap serta merahsiakan identitas pihak terkait.
  13. Wartawan regalianews harus selalu melatih diri untuk bersikap skeptis dalam setiap informasi yang diterima. tidak menerima informasi begitu saja dan menerima mentah-mentah tanpa adanya bukti yang akurat,perlu adanya insting untuk meragukan setiap informasi apabila sumber dari yang tidak  tidak jelas,sifat wartawan selalu haus akan kebenaran,sebelum membuat berita ia akan menguji informasi sampai benar-benar terbukti kebenarannya,agar tidak akan ada berita fitnah yang merugikan pihak lain.

Kode Etik Redaksi dan Perusahaan Pers PT  Cahaya Sejahtera Merdeka

  1. Dalam menjalankan tugas, Wartawan dan Staf Perusahaan Media Online Regalia News dilengkapi dengan identitas (Kartu Pers) dan Id Card Perusahaan, serta tercantum dalam Box Redaksi.
  2. Wartawan Media Online Regalia News  DILARANG meminta dan menerima uang maupun berupa barang dari Narasumber.
  3. Bagi Narasumber yang merasa ada kejanggalan dari identitas Wartawan Media Online  Regalia News, atau mendapatkan perilaku tidak senonoh dari wartawan, bisa menghubungi Redaksi Media Online Regalia News  melalui No Hp :081270777999 atau melalui email: pt.cahayasejahteramerdeka
  4. Setiap berita yang di muat di Media Online Regalia News atau dipublikasikan koran sempena adalah kewenangan Wartawan tidak boleh di Intimidasi siapapun.
  5. Permintaan untuk ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab terkait artikel yang telah diterbitkan Media Online Regalia News, berdasarkan Kode Etik Jurnalistik dan Undang Undang No 40 Tahun 1999 tentang Pokok Pers. Ralat dilakukan melalui pengiriman surat elektronik (surel)/email ke:

6. Pt.cahayasejahteramerdeka dengan menggunakan subjek: HAK JAWAB,dalam surat elektronik tersebut, harus  disebutkan bagian yang dianggap tidak tepat, berikut tautan dari artikel, serta pemohon wajib menyebutkan identitas diri dengan jelas.

  7. PT Cahaya Sejahtera Merdeka dalam menjalankan operasional perusahaan, telah memiliki Peraturan Perusahaan Pers yang telah disahkan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang  yakni Dinas ketenaga kerjaan Kota Tanjungpinang.

Untuk melihat tanda wartawan asli atau tidak ,jika tanda pengenal tersebut asli,maka Website regalianews.com akan menunjukkan data wartawan tersebut dan untuk melihat apakah mereka seorang wartawan yang kompeten segera buka Website Dewanpers.