81 TKI dari Malaysia Tiba di Tanjungpinang

81 TKI dari Malaysia Tiba di Tanjungpinang

Regalia News – Sebanyak 81 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi dari negara Malaysia ke Pelabuhan Internasional Batam Centre, akhirnya tiba di Pelabuhan Internasional Sribintan Pura Tanjungpinang, Selasa (24/03/2020).

Dari 81 orang TKI tersebut, 46 diantaranya laki-laki, 33 orang perempuan dan 2 orang anak-anak. Para pahlawan devisa negara tersebut tiba dalam kondisi sehat dan belum masuk dalam daftar supeck corona sebagai wabah virus yang dapat mematikan dan melanda dunia saat ini

Koordinator Rehabilitasi Sosial, Tuna-Sosial, dan Korban Perdagangan Orang, Kementerian Sosial RI, Pitter M. Matakena mengatakan, semua TKI yang dipulangkan dari Malaysia tersebut berada dalam keadaan sehat.

“Namun, ada satu yang mengalami kecelakaan di Malaysia dan sekarang dalam keadaan lumpuh,”katanya.

Dikatakan, selama di Tanjungpinang, para TKI tersebut akan menjalani masa karantina selama 14 hari di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjungpinang, sebelum nantinya dipulangkan ke daerah asal mereka masing-masing.

Piter juga menambahkan, bahwa para TKI tersebut pulang ke Indonesia setelah selesai menjalani masa tahanan, karena dinilai telah melakukan pelanggaran Keimigrasian di Malaysia.

溺ereka (para TKI) tersebut berasal dari Depot Tahanan Imigresen Pekan Nanas Malaysia,破elasnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa pemulangan para TKI dari Malaysia ini melalui Batam dan tiba Tanjungpinang, dengan alasan bahwa jumlah para TKI minimal harus sebanyak 120 orang dan baru bisa dibawa ke Tanjungpinang.

“Hal ini juga disebabkan. armada yang memberangkat para TKI ini dari Pasir Gudang Malaysia ke Tanjungpinang izinnya sudah mati, sehingga terpaksa harus melalui pelabuhan Batam lebih dulu,”jelasnya.

Piter juga menyebutkan, sebagian besar para TKI yang dipulangkan dari Malaysia tersebut berasal dari daerah Pulau Jawa.

“Rencana besok (Rabu-red) masih ada pemulangan TKI dari Malaysia sebanyak 41 orang lagi dan dari 34 laki-laki, 2 perempuan, termasuk 5 orang anak-anak,”tuturnya.

Sebelum masuk ke Tanjungpinang, jelas Piter. para TKI tersebut telah dilakukan penyemprotan dan pengecekan kesehatan mereka pada saat tiba di Batam.

Editor :Abdullah



This post has been seen 21 times.
Share