Berkunjung ke Masa Lalu

Berkunjung ke Masa Lalu

Regalianews – Berbagai sejarah dan budaya yang terjadi dimasa lalu, pastinya akan terangkum dalam sebuah museum. Karna museum merupakan sebuah fakta yang menjelaskan tentang keberadaan sesuatu dimasa lalu.

Jika kita ingin mengetahui sejarah masa lalu, beragam cara dapat kita lakukan untuk mendapatkannya. Salah satunya dengan membaca buku yang berkaitan dengan objek sejarah itu sendiri.

Namun lain halnya jika kita mengunjungi sebuah museum, kehadiran kita merupakan sebuah usaha yang nyata dalam menyaksikan dan memahami suatu sejarah dimasa lalu.

Karena kesan yang kita dapatkan sangat berbeda, kita bisa melihat secara langsung tentang kehidupan dimasa lalu, dimana seakan kita berada pada zamannya

Saat penulis mengunjungi Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di kota tanjungpinang, kami disambut hangat oleh staf pelayanan edukasi, Mario fahriansyah. (27-11-2019)

beliau menemani kami berkeliling setiap ruangan sambil menjelaskan tentang bukti sejarah yang terpajang disetiap sudutnya, seperti asal usulnya maupun kapan masa keberadaannya

Terlihat beberapa benda permainan tradisional rakyat, foto kenangan tempo doeloe, mata uang yang pernah dipergunakan, prasasti, dan banyak lainnya.

Semua itu merupakan sebuah bukti bahwa semasa kejayaan nusantara dahulu, ada jejak kerajaan yang terbilang gemilang dalam sejarah peradaban nusantara.

Hanya saja fakta yang ditemukan dilapangan belum begitu menggembirakan,sebab pengunjung lokal yang mendatangi museum tersebut jauh beda dibandingkan oleh pelancong dari negri tetangga seperti Singapura maupun Malaysia yang datang berkunjung.

Sedangkan generasi muda yang diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan sejarah budayanya sendiri terkesan acuh dalam menyikapi itu semua, Hal itu dibuktikan dari data buku tamu para pengunjung.

Sesungguhnya ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memperkenalkan sebuah peradaban masa lalu kepada generasi muda di era modern seperti sekarang ini.

Maka harus ada ‘strategi terobosan’dalam menciptakan daya tarik, yang bertujuan meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung kemuseum. khususnya generasi muda.

Sebab ditangan merekalah kelestarian sebuah sejarah dapat terjaga, Sehingga generasi muda menyadari bahwa mereka sedang ‘menjejakkan’ kaki diatas masa lalu dari sebuah sejarah.

Meskipun kehidupan saat ini serba modern, namun masa lalu merupakan sebuah tempat atau situasi yang sangat mengasyikkan untuk kita kunjungi.

Mari Kita gemar kembali kemasa lalu, dengan mengunjungi museum-museum yang ada disetiap pelosok kota di negri kita ini. Sebab museum merupakan “gudang sejarah” dimasa yang lalu.Ifan



This post has been seen 417 times.
Share