Perpustakaan Adalah Gerbang Masa Depan  Bangsa

Perpustakaan Adalah Gerbang Masa Depan Bangsa

Regalianews – Jepang merupakan sebuah contoh bangsa yang maju dalam sejarah peradaban, hal itu dapat kita lihat dari kebudayaan maupun hasil karya mereka yang telah diakui oleh masyarakat dunia.

Meskipun mereka sempat mengalami keterpurukan yang diakibatkan kalah berperang, namun bangsa tersebut kembali bangkit untuk menunjukkan jati dirinya, bahwa mereka adalah bangsa yang hebat.

Berangkat dari kisah diatas, sudah seharusnya bangsa indonesia dapat mengambil hikmahnya untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita bisa seperti mereka.

Beragam cara bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan perbanyak
membaca buku ilmu pengetahuan, agar semakin bertambah wawasan dalam meningkatkan SDM yang potensial.

Satu sisi, Pemerintah sudah menggulirkan program kerja diantaranya adalah membentuk fasilitas belajar seperti Perpustakaan Umum yang dikelola oleh Pemerintah. baik ditingkat Pusat, Provinsi, Kota maupun Kabupaten.

Hal tersebut dituturkan Mellin Syafitri,A.Md. Selaku fungsional pustakawan, disaat pewarta mengunjungi Perpustakaan umum Muhammad yusuf al ahmadi, Pemprov Kepri. Yang berlokasi dijalan Basuki rahmat, Tanjungpinang. (22-11-2019)

“Alhamdulillah, Perpustakaan disini cukup layak untuk dikunjungi. mengingat seluruh fasilitas yang ada, dapat sepenuhnya bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Sebab diperpustakaan ini memiliki beragam ruang-ruang baca yang bervariasi, mulai dari perorangan maupun kelompok yang akan melakukan tugas bersama, dengan fasilitas wifi gratis.

Bahkan ruangan khusus untuk anak berusia 1 sampai 12 tahun pun tersedia, dengan permainan edukasi sehingga mereka bisa bermain sambil belajar”. Jelasnya.

Selain itu, perpustakaan umum Muhammad yusuf al ahmadi pun memiliki program unggulan yakni wisata perpustakaan dan arsip, bagi para pengunjung.

Yang mana para pengunjung akan diajak berkeliling untuk diberikan informasi tentang ruangan apa saja yang ada diperpustakaan tersebut, serta memperkenalkan cara merawat arsip maupun buku-buku yang baik dan benar.

Selebihnya Beliau pun menghimbau, khususnya kepada para generasi muda agar selalu mendatangi perpustakaan bila ingin mendapatkan suatu informasi yang benar tentang sebuah ‘pengetahuan’.

“Dewasa ini banyak dikalangan pelajar ataupun mahasiswa, untuk mendapatkan suatu pengetahuan mereka selalu searching digoogle.

Padahal kebenaran atas pengetahuan tersebut terkadang masih diragukan alias hoax. Berbeda bila didapatkannya melalui membaca (buku) secara langsung.

Sebab dengan membaca secara langsung, kita dapat mengetahui dengan pasti tentang penulisnya siapa, terbitan tahun berapa, cover bukunya seperti apa, dan lainnya. agar tidak menimbulkan keraguan dalam membacanya”. Ucapnya.

“Kedepannya pihak perpustakaan Muhammad yusuf al ahmadi akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah khususnya diwilayah pulau bintan, dalam memperkenalkan tentang, “ada apa diperpustakaan?”.

Sehingga diharapkan mampu menciptakan sebuah atmosfer yang baik, agar generasi muda “terpanggil” untuk selalu mengunjungi Perpustakaan”. Tambahnya. Ifan



This post has been seen 736 times.
Share