Kodim 0315 / Bintan Panen Jagung Jaga Stabilitas Ketahanan Pangan Pada Masa Pandemi Covid-19

Segala upaya menurutnya perlu dilakukan, termasuk percepatan tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan termasuk pasca Covid-19 nanti.Selasa (18/8/2020).

Regalia News – Komandan Kodim (Dandim) 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa bersama masyarakat melaksanakan panen jagung Demplot Kodim 0315/Bintan pada lahan seluas kurang lebih 2 hektar yang berada di Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Selasa (18/8/2020).
.
Pada kesempatan tersebut, Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa menyampaikan bahwa panen jagung tersebut merupakan program Kodim 0315/Bintan untuk mewujudkan ketahanan pangan yang ada di wilayah teritorial.
.
“Hari ini kita melaksanakan panen jagung Demplot bersama warga Desa Toapaya Selatan,kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan Kodim 0315/Bintan yang dibuat sebagai contoh kepada masyarakat dengan harapan dapat dilaksanakan dengan cara membuka kebun dan mengembangkannya,langkah seperti ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,“ kata Dandim 0315/Bintan.
.
Lanjut Dandim, bahwa masyarakat Kabupaten Bintan saat ini sudah mulai bergerak mengikuti program yang dibuat oleh kodim 0315/Bintan yang tentunya didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bintan seperti ketahanan pangan yang dilaksanakan saat ini.
.
Dandim juga menjelaskan, bahwa lahan demplot seperti ini telah dikembangkan di setiap Koramil jajarannya dengan memanfaatkan lahan kosong di masing-masing Koramil, kali ini posisi lahan dalam kegiatan panen jagung tersebut berada di Wilayah Binaan Koramil 02/Bintan Timur.“bukan hanya jagung,kita juga mengembangkan tanaman lainnya seperti sayur-sayuran dan tanaman singkong serta lainnya,“ tuturnya.
.
Selain itu, Kegiatan ini juga dalam rangka program menjaga stabilitas ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19 khususnya di Kabupaten Bintan.“dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan di tengah Wabah Covid-19 perlunya kerja sama agar tetap menjaga stabilitas Bahan Pokok makanan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan terutama di wilayah teritorial Kodim 0315/Bintan,” jelas Dandim.

Pada kesempatan panen jagung tersebut,salah satu tokoh masyarakat Desa Toapaya Selatan Bapak Erik menyam paikan bahwa pada masa pandemi Covid-19,krisis pangan akan terjadi apabila tidak menjaganya, maka dari itu ketahanan pangan adalah salah satu kunci untuk menghadapi pandemi Covid-19.

“Segala upaya menurutnya perlu dilakukan,termasuk percepatan tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan termasuk pasca Covid-19 nanti,untuk itu kami atas nama masyarakat di Desa Toapaya Selatan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0315/Bintan dan jajarannya yang telah membantu memberikan edukasi serta pembelajaran kepada masyarakat dalam mengembangkan potensi lahan untuk ketahanan pangan,” Ujarnya.
Sumber : (Pendim0315)
Editor    : Redaksi

Related posts

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

UA - 174246026 - 1